Header Ads

60 anak ikuti khitan massal di kab. pekalongan


 KAJEN  Sebanyak 60 orang anak yang berasal dari 16 kecamatan dari 19 kecamatan di wilayah Kabupaten Pekalongan pagi ini (Kamis, 20/8) mengikuti khitanan massal di Aula Lantai 1 setda Kabupaten Pekalongan. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka memperingati hari Ulang Tahun ke 70 Republik Indonesia dan Hari jadi Kabupaten Pekalongan ke 393.
 
Sebelum dikhitan, mereka dikirab menggunakan becak hias dengan iringan drumb band dari MTs YMI Wonopringgo dan MI Al Utsmani Kajen, dengan route kirab start dari halaman Kampus Akademi Komunitas Negri (AKN) Kajen menuju  jalan Mandurorejo, jalan Kratatau dan finish di Setda Kabupaten Pekalongan.
 
Bupati Pekalongan Drs.H.A.Antono, Msi yang pagi itu didampingi oleh Ibu Arini Antono, Ketua DPRD dan perwakilan FKPD  Kab. Pekalongan serta Sekda Kab. Pekalongan beserta jajarannya merasa senang dengan kegiatan sunatan massal tersebut. “Yang bareng-bareng seperti ini tolong dijaga dan dipertahankan,” pesannya. 
 
Lebih lanjut Antono menyampaikan bahwa kegiatan sunatan ini merupakan tanda syukur Pemkab. Pekalongan atas nikmat 17-an dan ulang tahun Pemda Kab. Pekalongan ke 393. “Sunatan ini adalah hadiah dari kami kepada bapak dan ibu.  Terimakasih pada bapak dan ibu sekalian yang selama ini telah bersama-sama pak Antono dan bu Antono,” imbuhnya.   
 
Ditambahkannya bahwa sunat ini penting karena sunat merupakan pintu masuk ibadah agar tidak najis lagi, dan dari aspek kesehatan juga bagus karena tidak kotor. “Bila nanti setelah disunat ada yang belum sehat atau perlu dirujuk ke rumah sakit, silahkan bapak dan ibu lapor ke Pak Camat atau Pak Lurah biar nanti saya yang menanggung biayanya,” jelasnya. 
 
Sementara itu Panitia Pentelenggara, Asisten Ekonomi, Pembangunan dan Kesra Sekda Kab. Pekalongan Hari Suminto, SH,MH dalam laporannya menyampaikan kegiatan sunatan massal tersebut merupakan bentuk kepedulian, perhatian dan upaya Pemkab. Pekalongan dalam menjalin kebersamaan dengan warga masyarakat khususnya masyarakat kurang mampu. 
 
Dijelaskannya pula bahwa jumlah peserta adalah 60 orang berasal dari Kecamatan Kajen dan Wonopringgo masing-masing 8 orang, Kec. Siwalan 6 orang, Doro 5 orang, Wiradesa dan Talun masing-masing 4 orang. Selanjutnya kecamatan Bojong, Kesesi, Kedungwuni, Karanganyar, Karangdadap, Wonokerto dan Tirto masing-masing 3 orang, kecamatan kandangserang 2 orang dan Kec. Sragi dan Paninggaran masing-masing 1 orang. “Enam puluh peserta sunatan massal ini akan di tangani oleh 12 orang tenaga medis dari Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan, “ jelasnya.  
 
Di bagian lain Salim (warga Wonorejo-Wonopringgo) saat mendampingi putranya Faturohman ( 10 tahun) mengaku senang dengan sunatan ini. “Maturnuwun kepada Pak Bupati, sunatan ini sangat meringankan beban kami. Terimakasih juga atas tali asih yang diberikan,” ujarnya.
Powered by Blogger.