Header Ads

8 Kebiasaan Sehari-hari Yang Merusak Ginjal

Apakah Anda tahu ada beberapa kebiasaan yang kita lakukan merusak ginjal? Ginjal Anda sangat penting dan harus dijaga dengan cara yang sehat.

Kerusakan ginjal bisa jadi tanpa gejala, sehingga tak disadari secara perlahan ginjal sudah rusak. Oleh karena itu, patut diketahui kebiasaan yang dapat merusak ginjal, karena organ tubuh ini berperan vital  setiap hari dalam kehidupan.

Herbal dan jus yang sehat sangat baik untuk membersihkan ginjal.  Terlepas dari apa yang Anda makan dan apa yang Anda minum, Anda harus memperhatikan beberapa di kebiasaan yang memengaruhi  ginjal  dalam jangka panjang. Berikut 8 kebiasaan buruk yang bisa merusak ginjal:

Terlalu banyak alkohol

Apakah Anda tahu  minum alkohol merusak ginjal? Ini adalah salah satu kebiasaan yang paling umum merusak ginjal. Anda harus berhati-hati, dan ingat bahaya atau dampak dari kebiasaan minum alkohol.

Merokok

Salah satu kebiasaan  merusak ginjal adalah merokok. Bagaimana merokok memengaruhi ginjal Anda? Rokok memengaruhi pembuluh darah dan mengganggu sirkulasi darah ke berbagai organ. Ketika sirkulasi darah ke ginjal rusak, maka fungsi ginjal cenderung melambat.

Soda

Jika Anda memiliki kebiasaan minum lebih dari dua soda sehari, maka Anda cenderung memiliki masalah ginjal cepat atau lambat. Ini adalah kebiasaan yang tidak sehat. Sebuah studi baru-baru ini menyimpulkan bahwa mereka yang mengonsumsi soda dalam jumlah besar akhirnya kencingnya mengandung  protein dalam jumlah besar. Bahkan, kandungan protein dalam urine merupakan gejala dari masalah ginjal. Anda harus menanamkan kebiasaan untuk kesehatan ginjal.

Menahan kencing

Kebiasaan menahan kencing memengaruhi ginjal. Apakah Anda memiliki kebiasaan menunda panggilan alam Anda? Itu berbahaya. Bahkan jika Anda sibuk di kantor, Anda harus ke  toilet tanpa menunggu apa-apa lagi. Jika Anda menunggu lebih lama, kandung kemih Anda bisa tertekan dan berdampak buruk pada ginjal Anda.

Air

Kebiasaan minum juga penting. Apakah Anda minum cukup air untuk memungkinkan tubuh Anda umembuang  racun? Ketika racun menumpuk dalam darah, maka akan merusak ginjal. Jika urine  berwarna tidak sehat, Anda harus mengunjungi dokter. Warna urine menunjukkan seberapa sehat ginjal Anda.

Kurang aktivitas

Kurang gerak dapat memengaruhi ginjal. Kurang olahraga dapat menyebabkan masalah ginjal. Aktivitas fisik dan berat badan yang sehat dapat mengurangi risiko masalah ginjal hingga 30 persen.

Kurang tidur

Kurang tidur dapat  menghancurkan ginjal Anda. Ini adalah salah satu kebiasaan yang merusak ginjal. Lihatlah kebiasaan tidur Anda, apakah cukup untuk tubuh Anda? Pastikan Anda tidur setidaknya selama 8 jam  tanpa gangguan apapun.

Kekurangan vitamin

Defisiensi atau kekuangan vitamin bisa berbahaya untuk ginjal. Jika tubuh Anda kekurangan vitamin B6, kemungkinan risiko batu ginjal meningkat. Untuk mengatasi masalah ini, diet seimbang adalah penting. Beberapa makanan untuk mencegah ini adalah  kentang, ikan, hati sapi dan kacang polong. (Bisnis.com)
Sumber: Bisnis Indonesia
Powered by Blogger.